Experience Opinion Personal

Thank You 2018! It Was an Awesome ride!

Tahun 2018 akan segera berakhir, atau mungkin pada saat anda membaca ini sudah berakhir. Satu hal yang pasti bagi saya 2018 adalah tahun upgrade bagi pekerjaan namun downgrade bagi kehidupan personal terutama percintaan. Banyak sekali yang terjadi di tahun 2018 ini mulai dari Awal tahun dimana saya kembali menjadi single setelah 8-9 bulan menjalin hubungan dengan seorang wanita.

saya cukup tidak terbiasa dengan perubahan menjadi single kembali. saya pikir menjadi single akan kembali kekehidupan yang dulu namun setelah ada orang yang menjadi pasangan dan kembali menjadi sendiri, itu sangatlah berbeda. saya mengalami kesulitan move on dari wanita itu atau lebih tepatnya dari perasaan yang timbul dari hubungan itu. Tetapi setelah beberapa bulan (mungkin lebih tepatnya sampai bulan desember 2018 ini) barulah saya bisa lebih tenang tapi perasaan menginginkan adanya seseorang disamping saya dan berbagi perasaan yang lebih tetap saya nantikan.

Perubahan yang besar juga terjadi pada saat saya memutuskan untuk pindah pekerjaan dari WebTVAsia ke Brave Bison. Hal ini membuat saya cukup kaget dan mendapatkan tantangan baru yang dahulu saya sangat hindari. Saya menghindar menjadi seorang sales dan saya tidak suka ke Singapore. Namun Tuhan berkata lain, DIA memberikan tantangan dan kesempatan ini kepada saya untuk menjadi seseorang yang lebih baik lagi.

Bekerja di perusahaan yang berkantor di negara lain benar-benar pengalaman baru untuk saya. Bekerja remote tanpa adanya pengawasan langsung, inisiatif tinggi sangat penting dan networking amatlah krusial! Pengalaman ini membuat jaringan pertemanan saya menjadi lebih luas, dan mungkin ini adalah salah satu jalan menjadi seorang yang lebih baik. Seorang diri bekerja menggawangi sebuah project dari awal sampai akhir merupakan tantangan yang luar biasa. Mengurus kontrak, P&L, Invoice, Pembayaran, Deck presentasi dan negosiasi adalah makanan setiap hari di pekerjaan baru ini. Meskipun terkadang saya merasa sangat cemas tapi saya pun menikmati beberapa proses pembelajarannya.

Pencapaian yang terbaik dari tahun ini adalah saya berhasil mengunjungi semua pulau besar di Indonesia. Aceh, Kalimantan, Bali, Lombok, Papua, Sulawesi, Jawa (terutama bagian tengah dan timur) saya kunjungi semua. Ini berkat Bekraf dan teman saya di Cakrawala inovasi digital yang mengundang saya menjadi salah satu pembicara di event mereka. Saya senang sekali bisa berbagi ilmu mengenai monetisasi digital dan platform digital. Saya beruntung sekali mengikuti event tersebut.

Bertemu dengan teman-teman baru dari setiap daerah, mencicipi makanan lokal, terbang non-stop, menginap di bandara saya sangat menikmati proses dan perjalanan itu. Melihat sisi baru Indonesia yang belum saya pernah kunjungi adalah sebuah anugerah buat saya. Dapat saya katakan ini adalah pencapaian terbaik di tahun 2018 bagi saya.

Hal-hal yang tidak mengenakan di tahun 2018 selain masalah percintaan adalah kesehatan orang tua saya yang semakin menurun. Saya mulai khawatir tentang itu dan saya selalu berdoa bagi kesehatan orang tua dan bibi saya di rumah. Satu hal yang paling terasa selain kekhawatiran adalah perasaan kesepian atau mungkin depresi yang saya alami. Saya merasa dalam sebuah perjalanan dalam pekerjaan ketika gajian, apapun yang saya rasakan berujung agak hampa. Saya merasa kehilangan ambisi dan tujuan. Saya masih bertarung dengan perasaan ini dan selalu meminta pendapat orang lain mengenai apa yang saya alami.

Sebagai penutup 2018 penuh warna dan tentu saja tidak luput dari suka dan duka. Saya mengharapkan tentu saja harapan baru dan pencapaian baru di tahun 2019! saya sangat menantikan rencana Tuhan dan apa yang saya tuju bisa tercapai semuanya. Semoga apa yang teman-teman pembaca inginkan di 2019 pun menjadi kenyataan! apa ya kira-kira yang menjadi tujuan besar atau wish list 2019 mu?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s